Cerpen Kolosal - Negara Karet

23/10/17
Negara karet adalah sebuah negara yang dipimpin Raja bernama "Jambesar Raja Than" dia baru memimpin negara karet selama 1 tahun, dia mendapatkan kedudukan sebagai raja karena mewarisi mendiang ayahnya yang telah memimpin selama 106 tahun. diawal kepemimpinannya banyak dilanda kekisruhan terutama dari negara lain yang tidak menghendaki Jambesar menjadi raja. 

Berbagai penyerangan ratusan kali terjadi dalam kurun waktu 1 tahun. namun jambesar dan prajuritnya dapat mengalahkan segala serangan yang terjadi. jambesarpun heran kenapa negara karet yang damai dan besar berubah menjadi negara sasaran penyerangan sepeninggalan mendiang sang ayah.

Pada suatu hari "jambesar" memanggil seluruh orang kepercayaan nya yang setia. mendengarkab semua orang kepercayaannya jambesar belum juga menemukan apa penyebab semua yang terjadi. ditengah sela-sela istirahat malamnya jambesar merenung seraya membaca semua kitab Peninggalan ayahnya, terkejut jambesar ketika mebaca satu kitab tua yang tersimpan di peti emas, ternyata dalam kitab tua itu jambesar menemukan penyebab kenapa negaranya selalu diserang.

Halaman-demi halaman dalam kitab tua yang ditulis dengan huruf ekstraba tepat pada halaman 107 terdapat tulisan "jambesar ngan nesar tur nagari kateu" kata dalam kitab ini berarti di kepemimpinan raja jambesar negara karet akan maju dan berlimpah kekayaan.

Jambesar, kaget kenapa dalam kitab ini tertulis namanya. padahal ini adalah kitab ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Hari-demi hari terus Jambesar memahami kitab dan berusaha mencari dimana letak kesalahan dirinya. namun sang raja kembali terkejut ketika mendapatkan jawaban kedua dalam kitab itu, ternyata dalam kitab tersebut menjelaskan, Negara karet adalah negara yang besar dikepemimpinan Jambesar, namun Negara karet adalah ancaman yang besar bagi negara lain karena sang raja masih sendiri dan belum mendapatkan istri.

Itulah yang menjadi penyebab utama negara lain menyerang negara karet yang dipimpin Jambesar Raja Than, karena semua negara ketakutan akan kepempimpinan jambesar dalam mengambil keputusan sendiri tanpa pertimbangan seorang istri. Setelah memahami itu semua jambesar memutuskan untuk segera manikahi putri cantik yang hebat anak seorang petani yang sederhana.

Setelah pernikahan itu dilaksanakan, semua kerajaan berbalik mendukung semua kebijakan negara karet, dan tidak lagi memerangi negara yang dipimpin Jambesar Raja Than.

Posting Komentar

0 Komentar