Lika-liku Ramadhan 1444 H


19/4/23_Pagi ini saat saya menulis ini adalah hari ke 28 Ramadhan tahun 1444 H, tepatnya jam makan sahur 03.48 WIB. 

Hari ini adalah hari yang sangat mendebarkan, tak terasa hampir tuntas ramadhan tahun ini, tapi terasa masih belom ada amalan apa-apa yang saya kerjakan. Akankah ramadhan tahun ini sama dengan ramadhan-ramadhan yang lalu? Hanya sekedar sibuk mencari makanan untuk berbuka, ngabuburit menunggu maghrib, bangun sahur dini hari, setelah itu solat subuh dan tidur lagi. 

Atau jangan-jangan ramadhan kali ini memang hanya itu saja, mudah-mudahan ada amalan baik yang bisa saya kerjakan mengiring puasa yang hampir tuntas ini. 

Hari ini, ramadhan 1444 H tak banyak perubahan disekitar lingkungan, masih tetap sama diwarnai berbagai macam kekerasan dan tawuran antar remaja terutama dimalam minggu, pernag petasan, perang sarung, gengster dan segala macam kekerasan dengan senjata tajam seakan menjadi hal yang layak diperbincangkan, tanpa banyak berfikir apa yang harus dilakukan untuk menghentikan. 

Himbawuan pihak kepolisian seakan hanya menjadi bacaan lalu tanpa diperhatikan, kepedulian orang tua seakan sirna, bagaimana tidak? Anak dibawah umur tak ada dirumah tiap malam orang tua masih santai tak peduli. Inikah ramadhan? 

Ya Allah, diakhir ramadhan ini hamba hanya bisa berharap ramadhan tahun depan tak terulang kejadian-kejadian tak mengenakan. 

Mudah-mudahan tahun depan banyak amalan yang dapat dijalankan mengiring ibadah puasa ramadhan. 

#Risauhatidandoa


Posting Komentar

0 Komentar