Mengganti Rockwool dengan serabut Kelapa sebagai media tanam berbasis Hydroponik

23/12/17
Konsep yang sama dengan model penanaman hidroponik Rockwool saya lakulan, bedanya saya mengganti Rockwool dengan Serabut kelapa, kenapa serabut kelapa,? karena dari segi struktur hampir mirip bedanya serat serabut kelapa lebih kasar.

Apakah benih dapat tumbuh?
sejauh ini saya baru melakuka. eksperimen pda jenis tanaman sayuran khususnya Sawi Hijau/putih dan hasilnya cukup memuaskan benih merekah dan berangsur tumbuh

Berapa hari dari awal peram benih sampai tumbuh?
saya memeram benig satu malam dengan menggunakan tisu basah dan memindahkan benih pada serabut kelapa basah  dan benih menunjukan tanda akan tumbuh karena sudah berdaun kecil setelah 2 hari.

Pakai PuPuk apa/Mix A & B ?
saya tidak menggunakan pupuk apapaun kecuali air sumur, karna eksperimen sekaligus melihat pertumbuhan tanpa pupuk.

Hasil sementara eksperimen : 

Posting Komentar

0 Komentar