Kau Kira Aku Enak

Lu mah enak kerjaan santai, gaji gede... 

Itu adalah ungkapan yang sering sya dengar dari banyak orang, termasuk orang-orang terdekat, yang berfikir menjadi guru adalah hal yang mudah, guru adalah PNS guru dapat gaji besar dari negara. Ini yang saya sering temuin di orang-orang sekitar saya. 

Betapa naif jika tidak mensyukuri apa yang ada saat ini, tetapi betapa sabar nya kalau semua pernyataan orang di "iya"-kan. Karena sebenarnya manusiawi dalam diri ini juga sama seperti orang lain yang ingin dapat lebih dari apa yang ada sekarang. Karena jawaban dari semua pertanyaan dan berikut pernyataan orang lain itu cukup kompleks dan susah dijawab dengan kata-kata kecuali dengan senyuman. 

Entah apa yang membuat saya bertahan sampai saat ini yang terus mengabdi untuk "mencerdaskan anak bangsa" Kata orang. Sedangkan gaji yang pas-pasan ini bahkan tidak bisa menutup kebutuhan sehari-hati, "Jadi Guru itu berkah" Kata orang lagi dan kata kepala sekolah yang memotivasi guru yang mengabdi disekolah yang dipimpinnya. 

"Ga kerasa" Udah lebih dari 10 tahun bekerja di sekolah mulai dari jadi staff tata usaha sampai akhirnya merangkap menjadi guru mata pelajaran sampai saat ini. "Kata orang" Guru itu awet muda karena selalu bergaul dengan anak-anak remaja, tapi faktanya diri ini semakin cepat tua tak kala bercerita hari kemarin tapi mereka tak mengerti itu apa. 

2024, disatu sesi pertemuan yang membahas tentang tipologi dan logo, ada logo facebook yang coba sya terangkan kepada mereka (anak-anak kls 7). "Ini adalah salah satu media sosial yang mempunyai pengguna terbanyak di dunia".___" Pak itu apa?" Tanya salah satu diantara mereka. Kalian ga tau ini Facebook?. Ternyata mereka tak mengenal apa lagi menggunakannya. "Tua kan sya" (Dalam hati). 

Jadi mana kenyataannya jadi guru itu awet muda atau cepat tua si sebenernya, jdi guru itu enak bisa santai siang udah balik, enak gajinya gede pns kan, sekali lagi jawaban yang paling tepat adalah hanya dengan senyuman. 

Posting Komentar

0 Komentar